4 Keuntungan Pelamar Formasi Khusus Cumlaude Dibanding Pelamar Umum

gambar-pilihan-4Sleman – Dalam rangka meningkatkan daya saing dan kompetensi pemberian pelayanan kepada masyarakat maka Pemerintah mengalokasikan formasi khusus bagi putra/putri lulusan terbaik/Cum Laude di program studi dan Perguruan Tinggi berakreditasi terbaik/A. 

Pengalokasian formasi khusus cumlaude mencerminkan apresiasi besar Pemerintah kepada para lulusan terbaik untuk meniti karier sebagai PNS. Pemerintah membuatkan ruang khusus berupa alokasi formasi yang hanya dapat diisi oleh para lulusan terbaik.

Untuk memahami lebih jelas pengaturan pelamar khusus cumlaude, kita dapat mencermati Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari 2 yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Materi SKD terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegesia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Penentuan kelulusan ditentukan berdasarkan nilai passing grade. Nilai passing grade SKD adalah standar ambang batas kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar. Nilai passing grade SKD ditentukan dari Nilai Kumulatif SKD (nilai akhir hasil penjumlahan dari 3 nilai materi) dan nilai minimal masing-masing materi.

Pemberian alokasi khusus cumlaude ini memberikan beberapa keuntungan bagi calon pelamar. Beberapa keuntungan pelamar formasi khusus cumlaude yaitu:

  1. Jumlah pesaing dalam jabatan formasi khusus cumlaude kemungkinan relative sedikit dibandingkan jabatan formasi umum.
  2. Peluang diterima sebagai PNS semakin besar dikarenakan kemungkinan jumlah pesaing relative sedikit.
  3. Indicator passing grade SKD pelamar khusus cumlaude lebih sedikit, hanya 2 yaitu Nilai Kumulatif  sebesar 298 dan Nilai TIU sebesar 85. Sedangkan indicator passing grade SKD pelamar umum ada 4, yaitu passing grade Nilai Kumulatif sebesar 298, TKP sebesar 143, TIU sebesar 80 dan TWK sebesar 75.
  4. Passing grade Nilai TKP dan TWK tidak ditetapkan batas minimal/ fleksibel, sedangkan bagi pelamar umum ditetapkan.

Dengan memperhatikan beberapa keuntungan di atas seyogyanya para calon pelamar lulusan cumlaude memanfaatkan β€œke-khusus-an” yang diberikan pemerintah. Walaupun tidak ada larangan apabila para lulusan cumlaude memilih jalur khusus. Semoga para pelamar lebih bijak menentukan pilihan formasi dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi ujian seleksi CPNS Tahun 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*