BKPP Kabupaten Sleman Menerima Visitasi Peserta Diklatpim Tk. II Angkatan XII BPSDM Pemerintah Provinsi Bali

Visitasi-Prov-BaliSLEMAN – โ€œSebagaimana telah disebutkan dalam Nawacita, pembangunan desa menjadi agenda besar guna  menggerakkan kemajuan masyarakat. Pemerintah Desa sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat menjadi motor dinamika pembangunan di wilayah desanya. Terlebih dengan ditetapkannya UU No.6 Tahun 2014 tentang desa maka desa dituntut untuk dapat menjalankan roda pemerintahan secara bertanggung jawab kepada masyarakat.

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan dan aset pemerintah desa adalah penerapan peraturan yang berlaku secara tertib dan  konsekuen. Untuk menunjang realisasi dana desa dan pelaporan akuntabilitas keuangan desa, Pemkab Sleman telah menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Mulai tahun 2016, 86 desa di Kabupaten Sleman telah mulai menggunakan Siskeudes untuk menyusun keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga pelaporan. Masyarakat juga dapat turut mengawasi penggunaan dana desa serta memberikan usulan pemanfaatan dana desa melalui Musyawarah Pembangunan Desa atau melalui Badan Permusyawaratan Desa yang berada di masing-masing desa.โ€, demikian sebagian sambutan Bupati Sleman yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman dalam acara penerimaan visitasi peserta Diklatpim Tk. II angkatan XII BPSDM Pemerintah Provinsi Bali, Rabu (04/07/2018), bertempat di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Jl. Parasamya Kabupaten Sleman.

Kegiatan visitasi ini diikuti oleh peserta dan pendamping rombongan sebanyak 20 (dua puluh) orang. Kegiatan akan dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 3 sampai dengan 8 Juli 2018. Kegiatan ini sendiri terkait dengan mata diklat visitasi kepemimpinan nasional yang bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian peserta diklatpim terhadap kondisi sosial-ekonomi-fisik di level masyarakat melalui gagasan ide inovasi yang cocok bagi peningkatan kualitas di bidang tertentu sesuai kebutuhan nyata di daerah tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*