BKPP Sleman Memperoleh Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

 

ppidUndang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mengusung prinsip transparansi dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap Warga Negara memiliki hak untuk mendapatkan informasi publik sekaligus sebagai sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelengaraan negara dan badan publik lainnya. Hal ini menuntut pengelolaan informasi publik khususnya satuan organisasi pemerintah untuk berbenah memberikan informasi yang terbuka dan obyektif kepada masyarakat. Informasi dari bentuknya dapat terdiri dari berbagai macam yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektroniki maupun non elektronik.

Untuk mendorong tata kelola informasi publik yang lebih baik, Komisi Informasi Daerah DIY meneyelenggarakan penilaian keterbukaan informasi publik bagi OPD di lingkup Pemda se-DIY dan instansi vertikal. Setelah dilaksanakan monitoring dan evaluasi ditentukan organisasi pemerintah yang berhak menerima penghargaan keterbukaan informasi publik.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Kabupaten Sleman, berdasar penilaian tersebut memperoleh penghargaan KIP untuk kategori Badan/Dinas Kabupaten/Kota dengan peringkat II se-DIY. Penghargaan telah diserahkan pada tanggal 25 Oktober 2017 di gedung Kepatihan Yogyakarta, untuk selanjutnya dilaporkan kepada Bupati. Pada kesempatan tersebut Sleman memborong penghargaan kategori Dinas/Badan se-DIY, dengan peringkat I oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Peringkat II BKPP Sleman dan peringkat III Dinas Kominfo Sleman.  Selanjutnya pada acara apel pagi Senin, 13 November 2017 di depan gedung Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, secara simbolis diserahkan Penghargaan dari Komisi Informasi Daerah – DIY, yaitu penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).   

Keterbukaan Informasi publik merupakan salah satu indikator dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, dengan mendapatkan penghargaan ini, menunjukan keseriusan BKPP Kabupaten Sleman terhadap good governance yang yang transparan dan akuntabel. Kebebasan informasi, di satu sisi harus mendorong akses publik terhadap informasi secara luas. Sementara di sisi yang lain, kebebasan informasi juga sekaligus dapat membantu memberikan pilihan langkah yang jelas bagi pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan secara strategis.

Dalam amanatnya kepala BKPP meminta agar penghargaan ini sebagai cambuk untuk memupuk semangat bekerja yang lebih baik lagi, karena setiap aktifitas yang dilakukan ternyata menjadi pengamatan masyakat. (an)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*