Counter Pelayanan Kepegawaian

SLEMAN – Sejak awal Januari 2014 BKD Kabupaten Sleman memberlakukan sistem counter pelayanan kepegawaian, dimana setiap tamu/pengunjung yang datang ke BKD akan disambut/dilayani oleh petugas piket counter di lobi depan (lantai 1), untuk pertanyaan ataupun pelayanan yang tidak bisa dipenuhi oleh petugas counter akan diteruskan dengan memanggil/mendatangkan pengelola bidang ke counter kepegawaian, sehingga sedapat mungkin tamu dapat terlayani di counter pelayanan kepegawaian tanpa harus mendatangi meja kerja masing-masing pengelola.

 

Sekretaris BKD Kabupaten Sleman, Dra. Emmy Retnosasi, menjelaskan bahwa sistem ini diberlakukan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, serta sesuai dengan maklumat pelayanan BKD yakni : โ€œMenjadi PNS, pilihan hati. Melayani sesuai ketentuan dengan sepenuh hati. Apabila tidak menepati, siap menerima sanksiโ€. Tujuannya adalah untuk mewujudkan pelayanan satu pintu sehingga dapat meningkatkan kelancaran pelayanan kepegawaian, dimana pelayanan kepegawaian tidak hanya tergantung kepada satu orang/pengelola tertentu. Selain itu, untuk meminimalisir kontak langsung ke meja kerja (menghindari gratifikasi). Tujuan lainnya adalah supaya setiap pegawai mengetahui ketugasan di bidang lain sehingga dapat menambah wawasannya.

Untuk itu setiap harinya dijadwalkan piket di counter pelayanan kepegawaian secara bergiliran bagi semua pegawai BKD (2 orang per hari). Petugas piket dibekali buku sistem dan prosedur pelayanan kepegawaian dan SOP untuk dapat memberikan penjelasan maupun pelayanan kepegawaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*