DIKLAT PENGELOLAAN BARANG DAERAH

SLEMAN – Kekayaan daerah yang berupa aset barang bergerak dan tidak bergerak seringkali tidak terpelihara dengan baik. Hal ini ditandai dengan tidak lengkapnya atau tidak akuratnya data-data aset yang dimiliki. Salah satu upaya untuk membenahi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi melalui penggunaan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (SIMAK) dan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Namun penggunaan SIMAK dan SIMDA tidak akan optimal tanpa didukung oleh SDM aparatur penggunanya. Untuk itu, sesuai dengan salah satu tugas pokok dan fungsinya untuk meningkatkan kompetensi aparatur, BKD akan menyelenggarakan Diklat Pengelolaan Barang Daerah. Tujuannya adalah untuk memberikan bekal pengetahuan bagi pengelola barang unit kerja tentang kebijakan dan siklus pengelolaan barang milik negara/daerah, serta penggunaan SIMAK dan SIMDA, sehingga dapat meminimalisir berbagai penyimpangan yang terjadi baik yang sifatnya disengaja maupun tidak disengaja atau karena ketidaktahuan.

Diklat ini diselenggarakan di Hotel Savita Inn, Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9, Kamdanen, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, mulai tanggal 10 s.d 14Maret 2014. Peserta diklat adalah Pembantu Pengelola Barang Unit sebanyak 40 orang, berasal dari 18 SKPD, 4 Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah, dan 6 UPT, sedangkan para pengajar adalah pejabat struktural ataupun PNS yang berkompeten di bidangnya, yaitu :

1. Herni Margiyanti, S.Sos, M.Si (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)

2. Widodo, AP., MT (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)

3. Dewi Pratika Damayanti, SE (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)

4. Sri Suryanti, SE (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)

5. Budi Sukiswo, ST (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)

6. Elli Widiastuti, SE, Akt (Inspektorat Kabupaten)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*