Jelang Bulan Suci Ramadhan, BKPP Kabupaten Sleman Melaksanakan Pembinaan Pegawai

20180511 pembinaan gabungSLEMAN โ€“ Pada hari Jumโ€™at (11/05/18) pukul 13.00 WIB dilaksanakan acara pembinaan pegawai BKPP Kabupaten Sleman di Ruang Rapat BIMA  lantai III gedung BKPP Kabupaten Sleman.

Acara diawali dengan makan siang bersama, lalu dibuka dengan dengan sambutan dari Kepala BKPP Kabupaten Sleman, Suyono, SH, M.Hum., yang menyampaikan bahwa acara pembinaan ini merupakan siraman rohani dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H.

 

Selanjutnya disampaikan hikmah puasa oleh Ustadz Abu Naim dari Departemen Agama Kabupaten Sleman, yang menyampaikan bahwa tujuan puasa adalah peningkatan kualitas diri. Puasa juga mempunyai manfaat bagi kesehatan jasmani. Inti kesuksesan yang harus kita raih dalam ibadah di bulan Ramadhan ada 5 hal, yaitu:

1. Pelaksanaan puasa

    • Puasa adalah separuh sabar, sedangkan sabar adalah sebagian dari iman. Sehingga puasa merupakan seperempat dari iman.

2. Qiyamullail

    • Barangsiapa yang mendirikan qiyamullail maka akan dihapuskan dosa yang telah lalu. Qiyamullail juga merupakan penolak penyakit, sehingga akan menyehatkan jasmani.

3. Tilawatil Qurโ€™an

    • Barangsiapa membaca 1 huruf Al-Qurโ€™an maka akan mendapatkan 1 kebaikan. Dan setiap kebaikan di bulan Ramadhan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan.

4. Lailatul Qodar

    • Para ulama sepakat bahwa lailatul qadar turun dalam 10 hari terakhir Ramadhan, sehingga amalan dibulan ini seyogyanya di awali dengan baik, dijalani dengan sukses dipertengahannya, serta diakhiri dengan hebat., yaitu senantiasa meningkatkan ibadah dari awal hingga akhir Ramadhan, serta berlanjut di bulan-bulan berikutnya setelah Ramadhan.

5. Zakat Fitrah

    • Amalan puasa akan tergantung apabila belum disempurnakan dengan zakat fitrah.

Acara ditutup dengan pembacaan doa dan serah terima Piala Lomba Tertib Arsip Perangkat Daerah Tahun 2018. BKPP Kabupaten Sleman meraih peringkat juara harapan II pada lomba tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*