Pembinaan Administrasi Kepegawaian ke Instansi

pembinaan kunjungan 1Sleman – Kegiatan kunjungan lapangan dalam rangka pembinaan pengelolaan administrasi kepegawaian instansi telah berjalan beberapa minggu. Kegiatan mulai dilaksanakan sejak tanggal 20 Agustus 2018 sampai dengan 19 September 2018. Tim yang bertugas sebanyak 5 orang, secara serentak meneliti dan mencermati kelengkapan dokumen kepegawaian instansi. Kunjungan dilakukan kepada 3 atau 4 instansi per hari.  

Sebagaimana telah dijelaskan dalam sosialiasi sebelumnya bahwa dokumen kepegawaian minimal  yang  harus ada dalam map file pegawai adalah :

  • SK CPNS
  • SK PNS
  • SK Kenaikan Pangkat & PMK
  • SK Pengangkatan Jabatan Struktural (bagi yang menjabat)
  • Ijazah & Transkrip Nilai
  • STTPL Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan
  • Kartu Pegawai dan Kartu Suami/Isteri
  • Kartu Taspen
  • Konversi NIP
  • KGB Terakhir

Hasil pencermatan menunjukkan bahwa rata-rata dokumen kepegawaian instansi yang dikunjungi sudah cukup lengkap, hanya beberapa pegawai saja yang belum lengkap. Dalam hal penyimpanan maupun penataan map file masih beragam, masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri. Instansi yang sudah tertata baik file kepegawaiannya bahkan ada yang sudah melakukan scanning dokumen secara mandiri menggunakan telepon genggam, seperti Puskesmas Seyegan dan beberapa puskesmas lainnya. Hasil scanning dokumen akan  menambah kelengkapan informasi dalam aplikasi SIMPEG. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat baik bagi instansi itu sendiri maupun bagi pengguna aplikasi SIMPEG lainnya dijajaran pengambil kebijakan sehingga mendukung manajemen kepegawaian menjadi lebih optimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*