Layar Monitor Pemantau Nilai Tes CPNS

serba-serbi-cpns monitorSleman – Pelaksanaan tes ujian CPNS kali ini, BKN (Badan Kepegawaian Negara) kembali menggunakan Sistem CAT(Computer Assisted Test), yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Standar kompetensi dasar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).

Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. Pengoperasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor. Soal dengan bentuk pilihan ganda membuat kita cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar.

Ada yang menarik dari pelaksanaan tes berbasis CAT kali ini, adalah bahwa perolehan nilai Peserta test dapat dipantau secara real-time. Menurut keterangan teknisi dari BKN Regional I Yogyakarta, Vivid, orang yang tidak ikut test pun bisa melihat hasil nilai dari peserta test. Vivid mengatakan bahwa sistem CAT ini memungkinkan komputer servernya bisa terkoneksi dengan TV LCD untuk menampilkan nilai peserta tes secara real time berdasarkan rangking. Sehingga pergerakan nilai dari peserta test bisa dipantau dari 2 monitor tersebut. Hal ini memudahkan yang berada diluar ruangan test bisa memantau perkembangan hasil peserta yang sedang test. (/kun)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*