Mengawali Tahun 2017, Bupati Sleman Melantik dan Merotasi 801 Orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

SLEMAN-  “Promosi dan mutasi adalah sesuatu yang biasa dan alamiah dalam sistem birokrasi dan kepegawaian. Hal tersebut diperlukan untuk menjaga kesinambungan birokrasi dan pengembangan karier pegawai. Saya mengajak saudara sekalian untuk selalu meningkatkan etos kerja kita sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat untuk memberikan kinerja yang terbaik bagi Kabupaten Sleman yang kita cintai. Sesuai amanat Peraturan Pemerintah RI Nomor 18/2016 tentang Perangkat Daerah, maka diperlukan penataan kelembagaan perangkat daerah Kabupaten Sleman. Untuk itu Pemkab Sleman telah menyusun  Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016  tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman. Peraturan ini ditujukan untuk memenuhi penyelenggaraan urusan wajib, urusan pilihan dan urusan keistimewaan  DIY yang memiliki diferensiasi dengan daerah lain”. Demikian antara lain pesan Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, MSi pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang berlangsung hari  Selasa, 3 Januari 2017 bertempat di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman.

Prosesi pelantikan dan mutasi jajaran pejabat disetiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai. Pelantikan pejabat ini  dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan public. Meski demikian pelantikanhendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figure pejabat pada jenjang  jabatan dan kepentingan tertentu. Pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan  penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal. Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai  dilakukan adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab  kepada negara.

Penetapan saudara sebagai pejabat administrator dan pengawas telah melalui seleksi berdasar Sistem Merit sebagaimana yang telah diamanatkan UU No. 5 Tahun 2014. Seleksi ini didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar. Oleh karenanya saya menaruh harapan besar kepada para pejabat terlantik untuk memberikan kinerja yang terbaik sehingga restrukturisasi OPD tahun ini memberikan dampak positif signifikan pada pencapaian visi misi Sleman.

Jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas yang saudara emban adalah jabatan strategis. Sebagai Pejabat pimpinan tinggi pratama, jabatan ini perlu dimaknai mendalam karena saudara adalah panutan bagi seluruh elemen  instansi yang saudara pimpin. Sebagai administrator saudara berkewajiban memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi sedangkan jabatan pengawas bertanggung jawab dalam mengendalikan pelaksanaan kegiatan. Kedua jabatan ini bertanggung jawab untuk melakukan pembinaan kepada pelaksana kegiatan sekaligus menjalankan kebijakan dari pimpinan tinggi pratama.

Sebagaimana ajaran kepemimpinan Ki Hajar Dewantara,  Ing Madya Mbangun Karso, saudara harus mampu membangkitkan dan menggugah semangat. Karena itu saudara harus mampu memberikan inovasi dengan menciptakan suasana yang lebih kondusif untuk keamanan dan kenyamanan. Sebagai administrator dan pengawas saudara harus mampu menjadi pemimpin sekaligus pengayom bagi pegawai di instansi saudara.

Restrukturisasi organisasi yang dilakukan hari ini adalah salah satu upaya pencapaian visi Sleman dalam membangun masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, berbudaya dan membangun Sleman menjadi Kabupaten Pintar di tahun 2021. Visi ini membutuhkan kerja bersama dari seluruh OPD. Untuk itu saya kembali menekankan pentingnya integrasi dari seluruh pimpinan. Saya berharap setiap kebijakan dan inovasi yang diciptakan telah melalui pertimbangan bahwa inovasi tersebut dapat membawa manfaat tidak hanya untuk sebagian pihak melainkan untuk seluruh elemen di Pemkab Sleman.

Oleh karenanya, saya tegaskan bagi saudara yang mendapat promosi jabatan pada kesempatan ini agar tidak terjebak pada euforia namun segera menyusun program kerja untuk meningkatkan kualitas kinerja di instansi yang saudara pimpin. Saya mengajak saudara, mari kita bersama-sama bergerak cepat mewujudkan berbagai program pembangunan di berbagai lintas sektor di Kabupaten Sleman. Saya percaya, dengan potensi yang dimiliki disertai kerja keras kita semua, perubahan itu secepatnya dapat kita capai. Dengan semangat ”Ayo Kerja”, saya yakin kita dapat menghadirkan berbagai program pembangunan untuk kepentingan masyarakat.

Mengakhiri sambutan ini  Bupati Sleman mengucapkan selamat kepada saudara-saudara hari ini dipercaya untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama maupun administrator dan pengawas. Segera bekerja memegang amanah yang telah diberikan ke pundak saudara dan laksanakan tugas dengan baik, benar dan penuh tanggung jawab. Semoga Tuhan Yang Maha Esa mem­bim­bing langkah kita dalam mewujudkan good governance di Kabupaten Sleman. Terimkasih.

Demikian pesan pesan Bupati Sleman kepada 801 orang terlantik, yang dibagi dalam 3 tahap. Tahap I Bupati melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sejumlah 29 orang, tahap II melantik pejabat administrator dan pengawas sejumlah 384 orang dan tahap III melantik dan mengambil sumpah pejabat administrator dan pengawas sejumlah 388 orang.(AZK)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*