Motivasi Mutasi Antar Instansi Pemerintah: Dekat dengan Keluarga

Pengarahan Tes MAD kecilMenjadi PNS, untuk saat-saat sekarang ini, masih menjadi idaman  banyak orang. Biasanya  kesejahteraan bahkan gengsi menjadi alasan utama seseorang mendaftar menjadi PNS. Karena tidak bisa dipungkiri dari segi kesejahteraan, PNS jaman sekarang sudah bisa dikatakan lebih baik, setidaknya sudah cukup untuk bisa hidup standar layak. Nah, atas alasan itulah kemudian banyak orang yang berlomba-lomba mendaftar PNS di berbagai daerah, meski harus di luar daerah.

Selanjutnya yang menjadi masalah adalah jika ternyata benar bisa diterima menjadi PNS di luar daerah yang jauh dari keluarga, baik orangtua maupun suami/istri. Dengan alasan untuk merawat orangtua, bisa bersatu dengan suami/istri, cukup banyak PNS yang berusaha untuk pindah agar lebih dekat dengan keluarga. Maka mutasi adalah solusi terbaiknya. Namun apa mau dikata, ternyata mutasi PNS antar instansi pemerintah bukanlah hal mudah. Banyak syarat yang harus dipenuhi dan prosedur panjang yang harus dilalui. Biasanya, daerah asal tak akan dengan gampang melepas PNSnya untuk pindah ke daerah lain. Begitu pula sebaliknya, daerah yang dituju menerapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat menerima PNS mutasi antar instansi pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Sleman menerapkan kebijakan seleksi penerimaan PNS mutasi antar instansi pemerintah meliputi seleksi formasi, administrasi, kompetensi, kinerja dan sikap perilaku, serta penilaian kesehatan. Metode seleksi yang dilaksanakan meliputi seleksi kelengkapan dan keabsahan berkas, tes tulis, praktik komputer dan wawancara. Informasi mengenai prosedur dan proses Mutasi Antar Daerah Kabupaten Sleman selengkapnya dapat diakses melalui link website  https://bkpp.slemankab.go.id/standar-pelayanan/mutasi-antar-daerah/ dan https://maip.slemankab.go.id(/kun)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*