Pelaksanaan Scanning Dokumen Kepegawaian

Sleman-Dalam pelaksanaan manajemen kepegawaian yang komprehensif sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) perlu didukung dengan ketersediaan data dan informasi yang update. Tuntutan ketersediaan data kepegawaian ASN perlu diimbangi dengan pengelolaan dokumen kepegawaian yang representatif.

Pengelolaan dokumen kepegawaian secara konvensional yang tersimpan dalam map Taka mempunyai beberapa kelemahan, antara lain kebutuhan sarana prasarana yang relatif luas, resiko kerusakan fisik dokumen relatif besar, waktu dan tenaga pengelola relatif banyak. Mempertimbangkan kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman sejak tahun 2016 sudah melaksanakan duplikasi dokumen kepegawaian secara scanning.

Scanning bertujuan memindahbentukkan dokumen dari fisik menjadi image/elektronik. Dokumen kepegawaian mulai dari CPNS sampai dengan pensiun harus teridentifikasi dan tertata dengan baik. Mempertimbangkan banyaknya dokumen kepegawaian yang dimiliki oleh seorang pegawai maka pada proses scanning dokumen kepegawaian dilaksanakan berdasarkan skala prioritas.

Supriyanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*