PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL ESELON III DAN IV

SLEMAN-  “Dengan meningkatnya berbagai kasus kriminalitas kenakalan remaja dan permasalahan sosial diantaranya miras, saya minta Camat bersama seluruh jajaran forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan lebih proaktif melakukan pengamanan wilayah. Diharapkan sesama Camat harus membangun jejaring dan gerakan bersama didalam menciptakan keamanan dan ketertiban wilayah. Selain itu dalam mengatasi maraknya  kenakalan remaja yakni tawuran dan vandalisme, Camat bersama seluruh institusi  dan perangkat desa melakukan pembinaan dan pendekatan pada para pelajar dan orangtua secara berkesinambungan”. Demikian antara lain pesan Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, MSi pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon III dan IV yang berlangsung hari  Jum’at, 21 Nopemberl 2014 di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman juga berpesan kepada Kepala Bagian yang baru saja dilantik, agar alih tugas Saudara  mampu meningkatkan fungsi Sekretariat Daerah didalam memformulasikan kebijakan, pengkoordinasian dan fasilitasi . Terlebih untuk menciptakan pemerintahan yang lebih baik, diperlukan kecepatan pengambilan kebijakan daerah didalam mengatasi dan mengantisipasi permasalahan di lapangan. Seseorang aparat yang ditempatkan pada suatu jabatan structural, mau tidak mau  harus mampu memperlihatkan kapasitas dan kemampuan terbaiknya, baik dari aspek manajerial maupun kepemimpinan. Oleh karena itu  jangan pernah berhenti untuk belajar mengembangkan  kemampuan diri , selalu meningkatkan wawasan , pengetahuan, kemampuan, dan pengabdian agar prestasi kerja saudara  dapat terus meningkat di masa mendatang.

Lebih  lanjut Sri Purnomo  menekankan bahwa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita harus selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan.  Merespon adanya perubahan kebijakan nasional dalam penyelenggaraan  pemerintahan desa melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, saudara perlu lebih cermat dalam menerapkan kebijakan-kebijakan terkait pemerintahan desa.

Penerapan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa akan memunculkan tantangan baru  dalam hal penata kelolaan keuangan di pemerintahan desa. Hal paling krusial dalam UU Desa adalah terkait alokasi anggaran untuk desa. Dengan penerapan UU No 6 Tahun 2014 diperkirakan setiap desa akan menerima kucuran dana sebesar Rp. 1 Miliar. Terkait hal tersebut Bupati berharap kepada Camat yang baru saja dilantik agar Saudara sebagai pemangku wilayah kecamatan        agar memberikan perhatian yang lebih besar kepada para Kepala Desa agar  mampu mengelola dan menggunakan anggaran desa sebaik-baiknya sehingga penggunaan dana tersebut tidak membawa efek bumerang karena penyalahgunaan dana yang tidak konsekuen.

Terakhir  Bupati Sleman mengucapkan selamat kepada para pejabat terlantik dan mendapatkan kepercayaan untuk menduduki jabatan structural eselon III dan IV, agar segera  bekerja dan melaksanakan tugas dengan baik, benar, dan penuh tanggungjawab”.                                                                                              

Pada acara tersebut  Bupati Sleman melantik 22 orang Pejabat Struktural  yang terdiri dari  Pejabat Struktural  Eselon III sejumlah 15 orang dan  pejabat eselon  IV  7 orang.  Pejabat  yang dilantik diantaranya 7 orang menduduki jabatan sebagai Camat, 2 orang sebagai Kepala Bagian, 2 orang sebagai Kepala Bidang, 4 orang sebagai Sekretaris Kecamatan, dan 7 orang  sebagai Kepala Sub Bidang/ Kepala Subbagian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*