Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2019

Sleman โ€“ Sebagian CPNS Sleman mulai mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS gelombang III, yang mulai diadakan sejak tanggal 2 Mei 2019. Latsar dijalani bersama dengan CPNS dari daerah lain seperti Kabupaten GunungKidul, KulonProgo, Bantul dan Kota Yogyakarta dengan total sejumlah 440 peserta Latsar. Latar belakang pendidikan peserta latsar sebagian besar berasal dari tenaga pendidik/guru dan medis (dokter/perawat). Latsar diselenggarakan oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Yogyakarta.

Dasar hukum Latsar adalah UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan LAN No. 24 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan II, dan Peraturan LAN No. 25 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III. ย Calon PNS yang diangkat menjadi PNS harus memenuhi persyaratan yaitu lulus pendidikan dan pelatihan serta sehat jasmani dan rohani.ย Latsar bersifat mengikat bagi CPNS yang ingin lolos menjadi PNS.

Latsar dimulai di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten. PPSDM bekerjasama dengan Pelatih dari Dodiklatpur melatih fisik dan mental agar terbentuk pribadi ASN yang disiplin, penuh rasa kepedulian, kekompakan, kerjasama dan tidak mudah menyerah menghadapi berbagai tantangan. Berlatih di lingkungan militer berarti peserta juga akan merasakan kehidupan ala-ala militer tanpa perploncoan. Kegiatan yang kental dengan kedisiplinan, laporan, baris-berbaris dan tidur di barak merupakan beberapa kegiatan yang dijalani siswa Latsar CPNS gelombang III.

Kegiatan dimulai dari dinihari saat matahari belum bersinar hingga malam hari. Siswa menjalani berbagai kegiatan yang dijadwalkan secara disiplin. Banyak kegiatan lapangan yang dijalani seperti baris-berbaris, outbond, hingga yang paling memacu adrenalin yaitu jurit malam. Selain itu kegiatan kelas juga diadakan dengan beberapa materi diantaranya materi Bela Negara. Pelatihan yang dibarengi oleh ibadah puasa dijalani peserta dengan penuh semangat walau dirasa melelahkan namun menyenangkan.

Setelah beberapa hari menjalani Karantina di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten, peserta selanjutnya akan menjalani kegiatan selanjutnya di PPSDM Yogyakarta. Kali ini pelatihan diadakan di beberapa hotel di Yogyakarta karena Balai Diklat PPSDM sedang digunakan oleh peserta dari IPDN.

Menempati hotel sebagai tempat menjalani masa pelatihan selanjutnya, bukan berarti pengawasan dan pembentukan karakter kedisiplinan akan hilang. Panitia dari PPSDM kali ini bekerjasama dengan jajaran Brimob terus mengawal kedisiplinan siswa latsar. Materi pembelajaran yang diberikan lebih banyak diberikan di kelas. Materi wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya diantaranya diberikan supaya kelak CPNS menjadi PNS yang mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Diskusi dan presentasi di kelas juga kerap dilaksanakan untuk menunjang pemahaman siswa akan materi yang diberikan.

Sebagai puncak kegiatan latsar, nantinya peserta akan melaksanakan agenda Habituasi. Agenda tersebut menjadi ujian bahwa peserta telah mampu mengaktualisasikan substansi materi pembelajaran yang dipelajari sebelumnya. Peserta akan memperoleh bimbingan dari coach (pembimbing yang ditunjuk Lembaga pelatihan) dan mentor ( atasan peserta yang ditunjuk oleh pejabat pembina kepegawaian instansi peserta). Semua pelatihan dasar yang dijalani bertujuan agar kelak CPNS akan menjadi PNS yang berkualitas, disiplin, professional, berintegritas dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal.(/Jul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*