Pembekalan PNS Calon Purna Tugas Tahun 2015

Pemerintah Kabupaten Sleman kembali menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi Pegawai Negeri Sipil calon purna tugas tahun 2015. Kegiatan ini bertempat di Aula Unit 1 Pemerintah Kabupaten Sleman. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman berkenan membuka acara  yang dihadiri oleh pejabat struktural internal BKD, pejabat struktural Dikpora, nara sumber, dan peserta pembekalan (PNS calon purna tugas tahun 2015). Dalam sambutannya Bupati Sleman menyampaikan bahwa seharusnya peserta pembekalan dapat lebih banyak jumlahnya daripada yang ada sekarang, tetapi dengan berlakunya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dimana salah satu substansinya menyangkut batas usia pensiun PNS, maka peserta pembekalan tahun 2014 hanya diikuti oleh 421 orang peserta.

Dalam sambutannya Bupati Sleman juga mengharapkan agar peserta pembekalan yang saat ini masih aktif mengajar pada sekolah-sekolah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, agar setelah pensiun tetap berperan aktif sesuai dengan kegiatan masing-masing untuk memajukan perekonomian daerah Kabupaten Sleman pada khususnya. Hanya saja beliau berpesan agar tidak terlalu ngoyo dalam melakukan kegiatan di masyarakat dan selalu menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

    • Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008;
    • Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 1998 tentang Pola Pembinaan Karier PNS;
    • Surat Edaran Bersama Kepala BKN Nomor: 10/SE/1980 dan Direktur Jenderal Anggaran Nomor: SE-1.16/DJA/1.0/3/80 tentang Pedoman Pengurusan Pensiun PNS dan Janda/Dudanya.

Kepala BKD dalam laporan penyelenggaraan Pembekalan Pegawai Negeri Sipil Calon Purna Tugas menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk memberikan motivasi kepada Pegawai Negeri Sipil Calon Purna Tugas Tahun 2015 agar lebih siap dan bersemangat dalam menjalani masa pensiun, serta memberikan pengetahuan teknis tentang prosedur pengusulan pensiun dan pengurusan hak peserta Taspen kepada calon pensiun.

Kegiatan ini diikuti oleh 421 orang peserta dimulai pada hari Senin, tanggal 12 Mei 2014 sampai dengan tanggal 25 Juni 2014. Peserta merupakan PNS guru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang akan memasuki batas usia pensiun pada tahun 2015. Kegiatan ini terdiri dari 6 (enam) angkatan, dimana setiap angkatan mendapatkan alokasi waktu selama 3 (tiga) hari dengan rincian:  2 hari penyampaian materi dan tanya jawab, sedangkan 1 hari merupakan kegiatan praktek lapangan bidang pertanian, peternakan dan industri rumah tangga bertempat di Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman. Peserta Pembekalan mendapatkan materi mengenai DPCP, Taperum, Psikologi, Wirausaha, Kesehatan, Taspen dan PWRI.

Nara sumber kegiatan ini adalah sebagai berikut:

    • Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah;
    • Dr. Moetrarsi Sri Kanapsijah, Sp.KJ (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta);
    • Drs. Bagus Sukendro;
    • Pengurus Cabang PWRI Sleman;
    • Drs. Bambang Hidayatun (STIE Pariwisata Yogyakarta);
    • dr. Evie Indarsanti, M.Kes (Penyuluh Kesehatan Lansia Yogyakarta);
    • PT. Taspen (Persero) Yogyakarta;
    • BPD Sleman;
    • BPJS Cabang Sleman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*