65 Orang Calon Purna Tugas Mengikuti Orientasi Lapangan

Pembekalan 200718Sleman – 65 orang peserta pembekalan PNS Calon purna tugas Pemda Sleman mengikuti orientasi lapangan wira usaha ikan, jamur, bunga dan buah di Mlati dan Turi pada hari Kamis, 19 Juli 2018. Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian pembekalan PNS calon purna tugas angkatan II yang diselenggarakan tanggal 16 – 19 Juli 2018. Orientasi lapangan bertujuan sebagai media pembelajaran langsung dari para pelaku usaha berprestasi di Kabupaten Sleman.

Orientasi lapangan diawali di Kelompok Tani Ikan “Mina Kepis” yang beralamat di Burikan, Sumberadi, Mlati Sleman. Para peserta diajarkan tata cara budidaya ikan nila dan lele, mulai dari proses pembibitan, pembesaran, sampai dengan produksi. Mereka dipandu langsung oleh Sukyanto, ketua KTI Mina Kepis. Dia menyampaikan salah satu pertimbangan utama budidaya ikan adalah ketersediaan air.  “Pertimbangan lain adalah pakan ikan, kebersihan kolam, pemilihan indukan yang berkualitas, dan pemasaran” lanjutnya.

Orientasi lapangan selanjutnya adalah tata cara memelihara, mengolah dan memasarkan jamur.  Dalam kesempatan ini para peserta disambut langsung oleh pemilik rumah makan jejamuran, Ratijo. Beliau merupakan wirausahawan berhasil dengan berbagai penghargaan, terakhir menerima penghargaan dari presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu di istana negara, serta memiliki omset rumah makan jamur seluas 6.000m2 didukung kebun jamur 1,5 Ha dan areal parkir 1.000m2.

Selain belajar pembudidayaan jamur, para peserta juga diberikan motivasi  dan jiwa berwirausaha. Jangan menyerah terhadap hambatan dan rintangan serta jangan terlena pada kondisi nyaman. Untuk mengetuk semangat wirausaha para peserta, dia menyampaikan pengalaman pribadi. Sebelum berwirausaha dia adalah karyawan perusahan dengan jabatan cukup tinggi, sebagai kepala bagian produksi. Dia mengundurkan diri dan beralih berwirausaha jamur.

Lika-liku perjuangan berwirausaha ditemui, berkeliling menjajakan olahan jamur dari rumah ke rumah dan sekolah-sekolah dengan  hasil penjualan minim. Kondisi ini tidak menyusutkan semangat, dia tetap terus berusaha melakukan inovasi menu olahan jamur. Berbekal keuletan dan ketekunan berusaha, rumah makan jejamuran menjelma menjadi rumah makan favorit menyajikan berbagai variasi menu makanan dengan bahan baku jamur, misalnya sop jamur, tongseng jamur, sate jamur, soto jamur, risoles jamur, rendang jamur, crispy jamur, es dawet jejamuran, semur jamur, asam manis jamur, fu yung hai jamur, tahu isi jamur.

Di akhir orientasi, Ratijo membagikan salah satu kunci keberhasilan berwirausaha adalah ditentukan ketepatan pemilihan jenis usaha “Berwirausahalah sesuai bidang usaha yang disukai. Apabila dilandasi rasa suka maka dalam menjalankan usaha kita merasa senang hati dan tidak menjadikan beban. Istilahnya hoby yang mendatangkan uang” ujar Ratijo.

Orientasi lapangan calon purna tugas diakhiri dengan pembelajaran di Taman Bunga dan Buah Kembang Langit di Turi. Pemilik usaha, Bapak Dewo, menyambut langsung para peserta dan merasa senang atas kegiatan ini. Dia antusias menjelaskan usaha yang digeluti, mulai dari awal usaha, tata cara budidaya, hambatan serta penanganannya.  Di sela-sela penjelasan, dia juga memberikan tips berwirausaha bagi calon purna tugas. Jangan takut memulai usaha, mulai dari skala kecil dan sesuaikan bidang usaha dengan kondisi lingkungan, misalnya rumah sekitar Turi bisa melakukan usaha kuliner salak, meliputi berbagai variasi menu olahan salak seperti kripik salak, dodol salak, manisan salak.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*