PERSYARATAN

Persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh Pegawai Negeri Sipil yang tidak cakap jasmani/rohani:

  1. Permohonan dari yang bersangkutan;
  2. Surat keterangan dari dokter tim penguji kesehatan yang menyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam semua jabatan negeri;
  3. Fotokopi sah surat keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil 1 (satu) lembar;
  4. Fotokopi sah surat keputusan pangkat terakhir  1 (satu) lembar;
  5. Fotokopi sah kenaikan gaji berkala terakhir 1 (satu) lembar;
  6. Fotokopi sah kartu pegawai 1 (satu) lembar;
  7. Fotokopi sah kp-4, 1 (satu) lembar;
  8. Fotokopi sah surat nikah 1 (satu) lembar;
  9. Fotokopi sah akte kelahiran anak 1 (satu) lembar;
  10. Kartu istri/kartu suami 1 (satu) lembar;
  11. Pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm  =  5 (lima) lembar.

PROSEDUR

Pegawai Negeri Sipil yang oleh dokter tim penguji dinyatakan tidak dapat melaksanakan tugas dalam jabatan negeri diberhentikan dengan hormat dengan hak pensiun bagi yang memenuhi persyaratan.

Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan hak pensiun apabila:

  1. Tanpa terikat pada masa kerja pensiun, apabila oleh Team Penguji Kesehatan dinyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam semua Jabatan Negeri, karena kesehatannya yang disebabkan oleh dan karena ia menjalankan kewajiban jabatan;
  2. Telah memiliki masa kerja pensiun sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun, apabila oleh Team Penguji Kesehatan dinyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam semua Jabatan Negeri, karena kesehatannya yang bukan disebabkan oleh dan karena ia menjalankan kewajiban jabatan.

Prosedur pemberhentian karena tidak cakap jasmani atau rohani:

  1. Pimpinan instansi menerima hasil tes kesehatan dan menyampaikan kepada yang bersangkutan.
  2. Pimpinan instansi mengusulkan pemberhentian dengan hormat PNS yang dinyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam semua jabatan negeri kepada Bupati Sleman u.p. Kepala BKPP Kabupaten Sleman disertai kelengkapan berkasnya.
  3. BKPP Sleman melakukan verifikasi teknis terhadap permohonan selanjutnya menyusun draf konsep keputusan Bupati untuk PNS golongan IV/b ke bawah dan menyusun konsep surat kepada Presiden untuk golongan IV/c ke atas.