Studi Komparasi Pengelolaan SPIP BKD Bandar Lampung di BKPP Sleman

Tamu BandarLampungSleman – BKPP Sleman menerima study komparasi pengelolaan SPIP berbasis resiko BKD Kota Bandar Lampung pada hari Kamis (30/8) jam 10.30 s.d 13.30 WIB. Hadir dalam acara tersebut Bapak Muzani Ali beserta beberapa personil dari bidang teknis di BKD Kota Bandar Lampung.  BKPP Sleman diwakili oleh Kepala Bidang Binakes, Sri Wahyuni, S.IP, M.Ec.Dev. dan Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Dakiri, S.Sos, M.Si.

Kabid Binakes memaparkan bahwa awal tahun 2013-2014  BKD telah menyusun SOP (Standar Opartional Product) semua kegiatan dengan menggunakan basis anggaran. Seiring waktu, BKPP Sleman terus berbenah sehingga penyusunan SPIP saat ini sudah berbasis resiko. Bahkan penyusunan SPIP BKPP Sleman tidak hanya sebatas peta proses,  tetapi sudah sampai standar pelayanan dari jenis kegiatan yang telah dipolakan untuk mendapat pengakuan dari customer dan pengesahan dari pengguna anggaran. 

Peserta study komparasi dari BKD Kota Lampung menyimak dengan seksama pemaparan. Setelah pemaparan dilanjutkan acara diskusi. Dalam diskusi tersebut terungkap beberapa permasalahan kepegawaian yang dihadapi BKD Kota Bandar Lampung, terutama penyusunan SPIP yang telah dilaksanakan selama ini. BKD Kota Bandar Lampung telah menyusun SOP namun belum selengkap BKPP Kabupaten Sleman, apalagi sampai mapping/Pemetaan SPIP. Maka studi komparasi ke BKPP Sleman bertujuan untuk menggali potensi penyusunan SPIP mulai dari mapping sampai pada penyusunan SOP. 

Diakhir kunjungan, pimpinan rombongan menyampaikan apresiasi atas sambutan dan ilmu yang diperoleh, semoga seluruh informasi dan pengalaman penyusunan SPIP di BKPP Sleman bisa diterapkan serta dikembangkan di BKD Kota Bandar Lampung. (/dkr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*