Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMK

Sleman – β€œKepala Sekolah memiliki tugas yang kompleks, yaitu sebagai pemimpin dari organisasi sekolah, manajer, motivator, pendidik, administrator, dan sekaligus sebagai supervisor dari seluruh perangkat organisasi sekolah dalam mencapai tujuan bersama yang tertuang dalam visi misi sekolah. Terlebih lagi pada tingkat sekolah dasar, tidak adanya petugas urusan tata usaha untuk membantu seorang Kepala Sekolah dalam pengadministrasian dokumen-dokumen sekolah”. Demikian antara lain pesan Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.Si pada acara Pelantikan Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang berlangsung hari Kamis, 21 Agustus 2014 di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman.

                                                      

Pada acara tersebut Bupati Sleman melantik 17 orang Kepala Sekolah yang terdiri dari Kepala SD sejumlah 12 orang, Kepala Sekolah SMP 4 orang, dan Kepala SMK 1 orang. Berdasarkan jenis kelamin, terdiri dari 7 orang laki-laki dan 10 orang wanita. Bupati juga menyampaikan bahwa, kesempatan berkarir di bidang pendidikan antara laki-laki dan wanita sekarang sudah sejajar, tidak ada lagi perbedaan atas dasar gender. Sudah banyak kaum perempuan yang mencapai jenjang karier tertinggi di semua jenjang jabatan.

Lebih lanjut Sri Purnomo menegaskan, Saudara sebagai Kepala Sekolah, merupakan figure yang menjadi contoh dan panutan bagi para guru dan para siswa dalam hal pembentukan karakter baik dalam hal disiplin, maupun dalam hal etika dan moral. Terlebih lagi saat ini kita telah menerapkan kurikulum baru (kurikulum tahun 2013) yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa, meliputi pengetahuan tentang etika pergaulan, penanaman nilai-nilai agama, moral, budi pekerti serta etika. Disamping itu diperlukan juga kesiapan mental dan ketangguhan karakter untuk mereduksi dampak negatif dari keterbukaan informasi.      

Di akhir sambutannya, Bupati juga mengajak kepada seluruh komponen yang terlibat dalam proses KBM, baik sekolah, siswa maupun orangtua/wali murid untuk membangun kebersamaan dalam meningkatkan pendidikan bagi anak-anak kita, generasi penerus bangsa ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*