Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya

Pegawai Negeri Sipil mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan  kinerja pemerintah daerah. Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, seorang pegawai negeri sipil harus memiliki semangat pengabdian dan secara berkesinambungan selalu meningkatkan kompetensinya. Dengan semangat pengabdian yang dilakukan secara sadar dan terus-menerus tersebut, maka upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya aparatur birokrasi dan tingkat kemakmuran daerah akan segera tercapai.  Berkenaan dengan aspek pengabdian sebagai seorang pegawai negeri sipil, Pemerintah Kabupaten Sleman pada hari Kamis, tanggal 10 November 2016 menyelenggarakan kegiatan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Kegiatan ini diselenggarakan bertempat di Pendopo Parasamya dengan leading sector adalah Badan Kepegawaian Daerah.

Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman merupakan agenda reguler setiap tahun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rangka memberikan penghargaan atas jasa PNS yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan mengedepankan asas kesetiaan, kejujuran, kedisiplinan. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Laporan Penyelenggaraan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Drs. Iswoyo Hadiwarno, bahwa pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya XXX, XX dan X kepada 200 orang PNS. Rincian Penyampaian Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya sebagai berikut: Tanda Kehormatan 30 tahun disampaikan kepada 136 orang, Tanda Kehormatan 20 tahun disampaikan kepada 61 orang, dan Tanda Kehormatan 10 tahun disampaikan kepada 3 orang. Penganugerahan ini diujudkan dalam bentuk piagam dan lencana sebagai ungkapan terima kasih dan penghargaan yang mendalam dari Pemerintah Kabuaten Sleman kepada PNS yang telah mengabdi kepada negara dan pemerintah (Pemerintah Kabupaten Sleman khususnya). Penerima Tanda Kehormatan berasal dari 18 instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, dengan kuota penerima terbesar dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga sejumlah 159 orang.

Selanjutnya dalam kesempatan ini Ibu Wakil Bupati mewakili Bupai Sleman dalam sambutanya menyampaikan bahwa penyampaian penghargaan ini bukan merupakan puncak prestasi dari PNS tetap sebagai pemacu bagi PNS untuk meningkatkan kinerja dan kompetensinya. PNS penerima tanda Kehormatan diminta jangan memandang bentuk penghargaan, setelah dalam usaha untuk memperolehnya telah melalui proses yang sangat panjang dan melalui tahapan pengabdian tanpa dikotori tindakan tercela, tetapi menjadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi serta dapat menjadi suri tauladan PNS lain di lingkungan instansi pada khususnya.  Masih dalam sambutannya Ibu Wakil Bupati menyampaikan agar PNS selalu mengupayakan perkembangan diri, tidak boleh statis tetap harus bisa mencapai yang lebih baik. PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman harus mengikuti dinamika, merubah pola pikir menjadi pro akif dan bekerja secara profesional sehingga stigma negatif ditengah-tengah masyarakat tentang citra seorang PNS dapat hilang. Dengan semangat Panca Prasetya KORPRI yang ditaati oleh PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman diharapkan dapat menciptakan sosok PNS yang jujur, bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta berjiwa sosial. (Ariful S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*