Pengembangan Karier PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman Melalui Ujian Dinas Tahun 2015

Bahwa dalam rangka untuk mewujudkan sosok pegawai negeri sipil yang yang memiliki kompetensi yang memadai sesuai dengan bidang tugasnya, maka pegawai negeri sipil dituntut untuk selalu mengembangkan kompetensinya baik melalui lembaga pendidikan formal, diklat, uji sertifikasi dan ujian kedinasan. Ujian dinas sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi yang disyaratkan oleh Peraturan Perundang-undangan bagi pegawai negeri sipil yang akan didudukkan dalam jenjang pangkat tertentu.

Berkenaan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Selasa, tanggal 15 Desember 2015 melaksanakan kegiatan Ujian Dinas Tingkat I. Selain Pemerintah Kabupaten Sleman, dengan dikoordinir BKD Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, peserta ujian dinas merupakan PNS pada beberapa OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Sleman, beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Bantul dan beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul.

Selanjutnya dasar pelaksanaan ujian dinas berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, dan Keputusan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2000 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002.

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya agar peserta ujian dinas yang lulus tahun ini meningkat dari pada tahun sebelumnya. Maka sebelum pelaksanaan kegiatan ujian dinas di BKD Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, telah didahului kegiatan pembekalan bagi peserta ujian dinas yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Desember 2015, mengambil tempat sama dengan  pelaksanaan ujian dinas. Peserta ujian dinas dari Pemerintah Kabupaten Sleman berjumlah 43 orang. Peserta ujian dinas yang banyak berasal dari instansi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga sejumlah 10 orang, dan Dinas Kesehatan sejumlah 9 orang. Berdasarkan rekapitulasi daftar hadir tercatat 2 orang tidak  hadir mengikuti ujian dinas. Setelah dilakukan penelusuran diketahui 1 orang sedang menjalani cuti sakit, sedangkan 1 orang lagi pada bulan April 2016 akan memasuki masa pensiun, sehingga tidak mengikuti ujian dinas.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ujian dinas di BKD Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Sleman telah mendahului kegiatan pengarahan teknis yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 7 Desember 2015 bertempat di Ruang Rapat Arjuna Lantai 2 BKD Sleman. Dalam kesempatan tersebut peserta ujian dinas agar mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam mengikuti rangkaian pelaksanaan ujian dinas, dan diharapkan agar memperhatikan secara seksama materi ujian dinas yang disampaikan oleh pemateri pada saat pelaksanaan pembekalan di BKD Pemerintah DIY. Selanjutnya berkenaan dengan kenaikan pangkat pegawai negeri sipil, apabila peserta ujian dinas dinyatakan lulus akan mendapatkan Surat Tanda Lulus ujian Dinas (STLUD). Yang bersangkutan diharapkan agar selalu meningkatkan kompetensinya. Karena dengan pangkat dan golongan yang lebih tinggi menuntut sikap dan pola kerja yang juga berubah. Aspek integritas, kejujuran, kedisiplinan dan semangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat harus selalu dikedepankan. Harapannya dengan sumber daya aparatur yang professional dalam menjalankan ketugasan, maka kinerja SKPD yang bersangkutan juga akan semakin meningkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*