Penyampaian Risalah Hasil Audit Kearsipan Sementara BKPP Kabupaten Sleman

Kepala Bidang Kearsipanย  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dra. Sari Respatiningtyas beserta tim, menyampaikan Risalah Hasil Audit Kearsipan Sementara BKPP Kabupaten Sleman pada hari Kamis, 6 Agustus 2020 di Ruang Rapat Arjuna Lantai 2 BKPP Kabupaten Sleman.

Dra. Sari Respatiningtyas, dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Tim pengawasan kearsipan telah melaksanakan verifikasi atas instrumen dan bukti fisik audit kearsipan internal yang dikirim oleh perangkat daerah. Hasil verifikasi tersebut telah disusun dalam bentuk Risalah Hasil Audit Kearsipan Sementara (RHAKS) untuk mendapatkan persetujuan pimpinan unit kearsipan perangkat daerah. Apabila hasil risalah dipandang tidak sama dengan kondisi pengelolaan kearsipan di BKPP maka dapat disampaikan tanggapan untuk dilakukan perubahan risalah hasil audit. Pengiriman sanggahan dan bukti fisik dapat disampaikan ke Dinas perpustakaan dan kearsipan dalam tempo 5 hari kerja setelah penyampaian risalah. Apabila risalah sudah sesuai maka dapat ditandatangani oleh Kepala Unit Kearsipan.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan berdasarkan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 62 Tahun 2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 dalam Mendukung Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, organisasi perangkat daerah diimbau untuk mulai menyelamatkan dan menata arsip yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Rekaman kebijakan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan tersebut penting untuk dilestarikan, selain sebagai bentuk akuntabilitas kinerja pemerintah selama masa pandemi Covid19, juga sebagai media pembelajaran dan sumber pengetahuan bagi generasi yang akan datang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*