PNS Sleman Raih Peringkat II Terbaik Inovasi Proyek Perubahan Diklatpim IV

terbaik 2 ProyekPerubahanSleman โ€“ PNS Sleman, Ita Kurniawati, SIP, MPA., Kasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman berhasil meraih peringkat terbaik ke-2 inovasi proyek perubahan pada Diklatpim IV Angkatan III tahun 2018. Inovasi proyek perubahan yang diangkat berjudul โ€œIntegrasi Pelayanan Akta Kelahiran Dinas Dukcapil Sleman dengan RSUD Slemanโ€. Inovasi ini bertujuan lebih mendekatkan pelayanan pembuatan akte kelahiran kepada masyarakat.

Tahapan penyusunan proyek perubahan meliputi persiapan, integrasi dan perumusan jangka menengah dan jangka panjang.

Kegiatan dalam tahap persiapan meliputi Pembangunan Komitmen, Penyusunan TOR, Pengecekan Jaringan, Sarana dan Prasarana, Penyusunan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama. Sedangkan yang dilaksanakan pada tahap integrasi dimulai dari Pembuatan Akun Operator SIAK, Koneksi Aplikasi SIAK dengan RSUD, Pendampingan Operator sampai dengan Monitoring dan Evaluasi. Yang terakhir adalah tahap jangka menengah dan jangka panjang, terdiri dari Penyusunan SOP Pelayanan Akta Kelahiran Terintegrasi, Sosialisasi, Replikasi Integrasi Pelayanan dengan RS, Puskesmas dan Klinik Bersalin.

Hasil yang ingin dicapai dari proyek perubahan ini adalah menciptakan pintu pelayanan alternatif di tempat peristiwa terjadinya kelahiran, menyederhanakan prosedur dan persyaratan karena tidak memerlukan surat pengantar dan surat keterangan kelahiran dari Desa dan Kecamatan, memangkas waktu pelayanan dari maksimal 5 hari dipangkas menjadi 1 hari jadi, memindahkan kegiatan proses input data kelahiran dari operator di Dinas Dukcapil ke RSUD Sleman, memangkas tahapan kegiatan digitalisasi dokumen akta kelahiran karena seluruh dokumen permohonan telah di-scan dan di-upload oleh operator RSUD Sleman ke dalam server database kependudukan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*