PNS Sleman Raih Peringkat III Terbaik Inovasi Proyek Perubahan Diklatpim IV

Terbaik3 Pim4 20181027Sleman – PNS Sleman, Purwoko Haryadi, SE, M.Sc., M.S.E, Kepala Subbagian Keuangan Sekretariat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman berhasil meraih peringkat terbaik ke-3 inovasi proyek perubahan pada Diklatpim IV Angkatan VI tahun 2018. Inovasi proyek perubahan yang diangkat berjudul “Pembangunan Sistem Informasi Akuntansi Retribusi Pelayanan Pasar Online ‘SAPON’ di Dinas Perindag Kabupaten Sleman”.

Inovasi ini bertujuan untuk mempercepat pekerjaan penatausahaan retribusi pelayanan pasar, mulai dari laporan pemungutan sampai dengan pelaporan keuangan.

Penatausahaan retribusi pelayanan pasar merupakan tantangan tersendiri karena meliputi pengelolaan 36 pasar tradisional, 1 taman kuliner, 2 resto, 2 pusat kuliner dan 2 shelter pedagang kaki lima. Selama ini sistem pemungutan masih dilakukan dengan dengan 2 cara yaitu pemungutan secara langsung oleh petugas dan penyetoran mandiri melalui e-retribusi. Sistem SAPON merupakan upaya untuk mempermudah pengelolaan pemungutan retribusi secara langsung.

Tahapan penyusunan proyek perubahan meliputi tahap jangka pendek,  jangka menengah dan jangka panjang.

 

Kegiatan dalam tahap jangka pendek meliputi Pembangunan Komitmen (penyusunan tim & surat tugas), evaluasi sistem maupun kondisi jaringan internet di pasar-pasar yang digunakan oleh bendahara penerimaan pembantu, perencanaan pengembangan sistem dan program aplikasi serta evaluasi perangkat/sarana pendukung. 

Sedangkan yang dilaksanakan pada tahap jangka menengah adalah perencanaan anggaran, penyelesaian penyambungan internet, penerapan sistem SIPON di Dinas Perindag dan perancangan integrasi aplikasi SAPON dengn sistem perizinan dan sistem e-retribusi serta sistem Si Metal.

Yang terakhir adalah tahap jangka panjang, merupakan perencanaan integrasi sistem SAPON dengan Sistem Informasi Keuangan Daerah Kabupaten Sleman.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*