SELEKSI CALON PESERTA DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH TAHUN 2016

Dalam rangka perencanaan dan pengembangan karir pegawai serta guna memenuhi kebutuhan jabatan Kepala Sekolah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, dilaksanakan Seleksi Calon Peserta Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang Sekolah Dasar. Seleksi ini diselenggarakan bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

 

Selanjutnya berdasarkan surat Kepala Badan Kepegawaian Daerah nomor: 890/0263/BKD tanggal 26 Februari 2016 perihal Seleksi Calon Peserta Diklat Calon Kepala Sekolah 2016 telah dilaksanakan penjaringan peserta, kegiatan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Melalui surat nomor: 893/1235 tanggal 22 Maret 2016 perihal Pengiriman Berkas Usulan Calon Peserta Diklat Calon Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menyampaikan usulan nominatif calon peserta diklat sejumlah 45 orang. Mereka  yang diusulkan merupakan guru jenjang SD pada beberapa sekolah yang tersebar pada 17 kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Jumlah calon peserta yang diusulkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga tersebut kurang dari target awal seleksi, dimana Badan Kepegawaian Daerah menargetkan calon peserta seleksi sejumlah 60 orang, tetapi realisasinya hanya tercapai 45 orang. Dalam rangka memenuhi terget tersebut, saat ini Dinas Pendidikan, Pemuda  dan Olahraga sedang melaksanakan penjaringan lanjutan, sehingga diharapkan terget tersebut dapat tercapai. Target sejumlah 60 orang tersebut salahsatunya berdasarkan pertimbangan banyaknya JFT guru khususnya guru SD yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah yang memasuki masa pensiun. Selain itu dengan adanya periodisasi masa jabatan kepala sekolah berdasarkan hasil evaluasi jabatan Kepala Sekolah, diperlukan penggantian pada beberapa sekolah.

Calon peserta diklat calon kepala sekolah yang berhak mengikuti seleksi harus memenuhi beberapa ketentuan sebagai berikut: memiliki kualifikasi pendidikan minimal DIV/S1, berusia setinggi-tingginya 54 tahun pada 1 Maret 2016, tidak pernah mendapat hukuman disiplin tingkat sedang dan/atau berat dan/atau ringan dalam 10 tahun terakhir, memiliki sertifikat pendidik, memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun pada jenjang SD, memiliki pangkat minimal Penata Tk. I, III/d, dan memperoleh nilai Daftar Penilaian Prestasi Kerja Pegawai kategori minimal baik.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh calon kepala sekolah yang memiliki dedikasi, loyalitas dan profesional dalam menjalankan ketugasan sebagai pimpinan pada lembaga sekolah, sehingga dapat membawa kemajuan pendidikan bagi sekolah pada khususnya dan Pemerintah Kabupaten Sleman pada umumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*