Sepak Takraw : Olahraga yang Menghibur

20180406-takrawOlah raga sepak takraw sebetulnya sudah lama dikenal oleh masyarakat, terutama didaerah luar jawa seperti daerah Sulawesi dan Sumatera. Seiring dengan perkembangannya, saat ini olahraga sepak takraw mulai memasyarakat di daerah Jawa, bahkan menjadi salah satu ikon olah raga unggulan.

Sepak takraw adalah permainan sepak raga yang telah dimodifikasi untuk dijadikan sebuah permainan yang kompetitif. Sepak raga sebagai dasar permainan sepak takraw adalah olahraga permainan tradisional yang dimainkan oleh 6 orang, sehingga enak untuk ditonton, dan sekaligus sebagai hiburan.

Nama sepak takraw sebetulnya memiliki sejarah tersendiri.   Berdasarkan asalnya, “Sepak”  adalah bahasa Melayu untuk menendang dan “takraw” adalah bahasa Thai untuk bola anyaman. Oleh karena itu sepak takraw secara harafiah berarti menendang bola. Pemilihan nama ini untuk olahraga pada dasarnya merupakan kesepakatan antara dua negara lokomotif sepak takraw yakni Malaysia dan Thailand.

Di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan, sepak raga atau takraw disebut meraga atau maddaga yang dalam bahasa Bugis yang diambil dari kata siraga-raga yang berarti saling menghibur. Karena permainan sepak takraw tergolong olah raga yang unik bahkan tergolong tradisional terutama di daerah Yogyakarta, maka keberadaannya  saat ini masih terbatas  sehingga perlu dimasyarakatkan lebih luas keberadaannya.

Salah satu Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang saat ini ikut memasyarakatkan olah raga sepak takraw adalah BKPP Kabupaten Sleman yang dilaksanakan setiap Jum’at pagi di halaman lantai bawah.   Adapun atlit yang tergabung dalam olah raga tradisional sepak takraw adalah : Supriyanto, Sriyono, Budi Santoso, Wiyato W, Ariful, Setya Budi R., Yanuar Purnomo, Legino Hari W., Sukardi, Haryata, Suhyadi dan Bantarja. Untuk menambah motivasi, setiap tahun sepak takraw menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan pada acara HUT KORPRI. Atlet BKPP meraih peringkat 4 besar pada event tersebut (/dkr).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*