Syawalan, Tradisi Baik yang Perlu Dilestarikan

Kegiatan halal bil halal atau syawalan merupakan salah satu tradisi baik masyarakat Indonesia pasca Idul Fitri. BKPP Kabupaten Sleman melaksanakan acara halal bil halal setelah apel pagi di depan halaman Gedung BKPP Kabupaten Sleman, Senin (09/05/2022) dalam rangka melestarikan tradisi baik tersebut.

Ada dua poin utama dari kegiatan syawalan ini. Pertama, saling mendo’akan agar ibadah selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT. Kedua, dalam rangka menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan maka saling mengikhlaskan dan memaafkan kesalahan satu dengan yang lainnya diantara semua pegawai.

Hal ini disampaikan Hartoyo, Kasubbag Umum dan Kepegawaian BKPP Sleman, saat menyiapkan barisan pegawai untuk saling bersalaman setelah apel pagi. Acara diawali dengan apel pagi seperti biasa yang dipimpin langsung oleh Kepala BKPP Kabupaten Sleman, dan diikuti oleh seluruh pegawai BKPP Sleman.

Setelah acara halal bil halal di lingkungan BKPP Sleman dilanjutkan dengan acara halal bil halal dengan Bupati Sleman di Pendopo Parasamya, sesuai jadwal yang telah ditentukan bagi masing-masing perangkat daerah. Acara pada tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kehadiran ASN ke Pendopo Parasamya dibagi per 10 perangkat daerah dengan interval 30 menit secara bergantian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*