Ujian Presentasi Visi Misi Calon Pengawas Sekolah

Bahwa dalam rangka mendapatkan calon pengawas sekolah yang kompeten dalam menjalankan ketugasan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan, maka diperlukan mekanisme seleksi calon pengawas sekolah. Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya, pasal 30 angka 1 huruf f bahwa untuk dapat diangkat ke dalam Jabatan Pengawas Sekolah harus lulus seleksi calon pengawas sekolahBerkenaan dengan hal tersebut, sebagai kelanjutan tahapan seleksi calon pengawas, maka Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Ujian Presentasi Visi Misi bagi Calon Pengawas Sekolah. Kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) hari yaitu pada hari Rabu, tanggal 30 April 2014 bertempat di Badan Kepegawaian Daerah. Peserta ujian presentasi merupakan kepala sekolah dan guru yang telah dinyatakan lolos tahapan seleksi sebelumnya yaitu Tes Psikologi.

Adapun peserta ujian presentasi sejumlah 39 (tiga puluh sembilan) orang yang terbagi ke dalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 6-7 orang. Penguji presentasi merupakan pejabat struktural internal Badan Kepegawaian Daerah, pejabat struktural Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga serta Pengawas Sekolah yang ditunjuk dan mendapatkan surat tugas, dengan komposisi pembagian penguji merupakan kolaborasi antara Badan Kepegawaian Daerah dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Alokasi waktu yang diberikan kepada peserta untuk menyampaikan presentasi visi misi Β± 30 menit. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan presentasi, maka setiap peserta diwajibkan membuat paper visi misi dan pointer dalam bentuk powerpoint dalam menuangkan gagasannya.

Selanjutnya berdasarkan Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah bahwa untuk dapat diangkat ke dalam Jabatan Pengawas Sekolah, maka calon pengawas sekolah harus mempunyai kompetensi sebagai berikut: kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian pengembangan, dan kompetensi sosial. Melalui kegiatan ini diharapkan calon peserta dapat menunjukkan potensi dirinya secara maksimal dan gagasan kreatif terkait ketugasan pengawasan. Selain itu penguji presentasi juga dituntut agar dapat memberikan penilaian yang seobyektif mungkin, sehingga muaranya akan dapat dihasilkan pengawas sekolah yang kompeten dalam menjalankan ketugasan untuk membawa kemajuan khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.  

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*