Wujudkan Rasa Syukur dengan Semangat Kerja dan Tangung Jawab

SLEMAN – “Saudara telah mengucapkan sumpah atau janji dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan. Kam semua hadir menjadi saksi. Sumpah/janji yang telah saudara ucapkan pada hakekatnya merupakan kesanggupan terhadap Negara dan juga kesanggupan terhadap Tuhan yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparatur Pemerintah. Hendaknya saudara benar-benar menghayati isi sumpah atau janji Saudara itu dalam setiap tugas Saudara sebagai PNS. Dengan menghayati sumpah dan janji, Saudara akan sadar bahwa saudara harus mampu menunjukkan komitmen dan tanggungjawab moral terhadap konsekuensidari pengangkatan saudara menjadi PNS di Pemerintah Kabupaten Sleman, sekaligus sebagai rambu-rambu terhadap tindakan Saudara sebagai aparat pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya”. Demikian antara lain sambutan Bupati Sleman yang dibacakan oleh Ibu Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes. pada acara pengambilan sumpah/janji PNS Pemerintah Kabupaten Sleman yang berlangsung di Pendopo Parasamya Beran Sleman, Hari Rabu, 11 Mei 2016.

 

Lebih lanjut Wakil Bupati Sleman menyampaikan sambutan kepada para PNS yang baru saja mengucapkan Sumpah/Janji PNS, “Pengambilan Sumpah/janji ini supaya dijadikan momentum perubahan kinerja kearah yang lebih baik. Memang dalam bekerja di instansi manapun, tentunya akan banyak godaan, namun dengan keteguhan dan komitmen untuk terus berbuat yang benar dan sesuai aturan, maka Saudara-saudara akan memperoleh hasil yang optimal”.

Dalam kesempatan ini saya juga kembali mengingatkan kepada Saudara bahwa diluar sana banyak sekali masyarakat yang bercita-cita di posisi Saudara saat ini, namun tidak semua orang memperoleh kesempatan tersebut. Oleh karena itu, wujudkanlah rasa syukur Saudara atas amanah yang diembankan ini dalam bentuk semangat dan kinerjaSaudara dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan, agar kualitas kinerja Saudara semakin meningkat.

Sejalan dengan tuntutan public akan kinerja aparatur Pemerintah yang lebih professional, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap aparatur PNS untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya. Hal ini juga sebagai bentuk upaya Pemerintah dalam menggeser paradigma masyarakat terhadap birokrasi dan layanan public Pemerintah yang selama ini dirasa kurang. Untuk itu, saya berpesan kepada Saudara untuk ikut membangun dan menjaga citra positif PNS dengan bekerja sebaik-baiknya. Saudara harus mampu menunjukkan figure PNS yangberkualitas dan professional.

Menjadi PNS di masa sekarang ini haruslah memiliki kemampuan belajar dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan  di sekitarnya, serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, tanamkanlah kesadaran dalam diri saudara, bahwa saudara adalah bagian penting dari motor penggerak perubahan kea rah yang lebih baik. Jangan sampai saudara mencontoh atau malah ikut-ikutan dengan budaya kerja yang tidak professional. Ingatlah bahwa setiap sikap dan kinerja masing-masing akan memiliki konsekuensi sendiri-sendiri baik secara pribadi maupun organisasi. Jadilah sosok teladan bagi lingkungan kerja dan sekitar, dengan demikian citra positif yang terbangun tidak hanya bagi organisasi tapi juga melekat pada diri pribadi”. Demikian pesan Bupati Sleman.

Pada kesempatan tersebut Pengambilan Sumpah/janji PNS diikuti oleh 549 orang, yang terdiri dari 495 PNS mengangkat sumpah secara agama Islam, 29 PNS secara agama Katholik, dan 25 orang secara agama Kristen. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*