Pelaksanaan urusan atau fungsi pemerintahan bidang kepegawaian mengalami beberapa perubahan seiring dengan tuntutan kebutuhan yang sangat dinamis. Sejak Kabupaten Sleman dijadikan percontohan pelaksanaan otonomi daerah, maka struktur dan nomenklatur organisasi pelaksana urusan kepegawaian juga berubah.

Setelah terbit Undang-Undang Otonomi Daerah Tahun 1999 sampai dengan tahun 2001, penyelenggaraan urusan kepegawaian di daerah dilaksanakan oleh Bagian Kepegawaian yang dikepalai oleh Kepala Bagian. Kemudian pada tahun 2001, Bagian Kepegawaian berubah nama menjadi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan kepala kantor sebagai kepala satuan organisasi. Pada tahun 2003, kepala satuan organisasi diganti dengan Kepala Badan yang kemudian berubah nomenklatur satuan organisasi menjadi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) pada tahun 2016.

BKPP atau Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman termasuk perangkat daerah tipe B. Berdasar Perda Sleman Nomor 11 tahun 2016 bertugas menyelenggarakan urusan fungsi penunjang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan.